Skip to main content

Cara Install Postgre SQL di Windows

cara-install-postgres-sql


Halo! Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstall software Postgre SQL di Windows! Postgre SQL adalah salah satu basis data yang terkenal dan paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle, karena kelebihan dan banyaknya fitur yang dimiliki oleh software ini maka pastinya bagi kamu yang suka dengan hal-hal komputer, atau sedang belajar dan membutuhkan software ini terlebih dahulu kamu harus menegerti cara menginstall Postgre SQL ini yang mudah dan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya.


1. Pertama-tama kalian harus mendownload Softwarenya terlebih dahulu di link INI  secara gratis (karena software ini termasuk software open source)

2. Buka file installer yang telah anda download tadi, lalu klik Next. Jika anda mengalami masalah seperti "Unable to write inside TEMP environment variable path‏" silahkan aktifkan terlebih dahulu Windows Script Host Access di Postingan Tutorial INI
cara-install-postgres-sql

3. Pilih tempat penyimpanan atau tempat lokasi penginstallan, saya rekomendasikan biarkan saja seperti itu dan lanjut klik next
cara-install-postgres-sql

3. Sebenarnya pada penginstalan ini jika ada yang tidak saya bahas, langsung di klik next saja. Namun pada saat diminta untuk membuat password seperti gambar dibawah ini, silahkan buat password ada untuk hal pembuatan database nantinya, usahakan kalau untuk belajar passwordnya yang mudah diingat dulu saja agar tidak lupa.
cara-install-postgres-sql

4. Klik next, dan tunggu Instalasinya sampai selesai dan saat akan finish saya rekomendasikan mendownload terlebih dahulu Stack Builder dan Software tambahan jika anda membutuhkannya, tapi jika anda tidak membutuhkannya bisa langsung dilewati saja langkah-langkah ini, dan langsung lompat ke langkah no. 8

5.  Pilih Postgre saat instalasi Stack Builder.
cara-install-postgres-sql

6. Lalu pilih aplikasi apa saja yang ingin diinstal lalu klik next dan pilih tempat download sementara untuk menyimpan file instalasi aplikasi tambahan yang baru saja kamu pilih tadi
cara-install-postgres-sql

7. Tunggu proses download dan instalasi hingga selesai (Berjalan Otomatis) dan kamu telah menyelesaikan tahap instalasi software tambahan ini sekaligus proses instalasi Postgres SQL.
cara-install-postgres-sql

8. Untuk mengecek apakah instalasi Postgres SQL anda mengalami error atau tidak, tinggal masuk saja ke pgAdmin 4 dengan cara klik logo windows atau Start menu dan cari folder program PostgreSQL dan pilih program pgAdmin4 didalamnya yang berikon gajah bewarna biru.
cara-install-postgres-sql

9. Buka Aplikasi tersebut dan klik Browser lalu kllik Servers dan pililh PstgreSQL. Lalu jika disuruh memasukkan password, maka masukkan password yang telah anda buat saat instalasi tadi.
cara-install-postgres-sql

10 Selesai! Anda telah berhasil menginstall software Postgre SQL ini dan mengeceknya apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Semoga Bermanfaat!
Sudah dicoba dan dites oleh Admin.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Masuk Advanced Options Windows 10

Halo teman-teman! Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara masuk menu Advanced Startup pada Windows 10 yang memiliki banyak fungsi, seperti System Restore, Commad Prompt, dan Startup Settings! Misal saja pada startup settings kita bisa menonaktifkan Driver Signature Enforcement yang bisa bermanfaat semisal kita ingin menginstall driver-driver yang tidak bisa diverifikasi seperti saat Flash Xiaomi Redmi 3, atau Custom Driver Lainnya. Langsung saja berikut adalah langkah-langkah masuk menu Advanced Options pada Windows 10.