Skip to main content

Cara Flashing Xiaomi Redmi 32bit & 64bit [UPDATE MIUI9 BETA 7.10.19!!]

flashing-redmi3-32bit-64bit


Halo MIUI Lovers, bingung cara flash MIUI gagal terus? Sekaligus dalam perayaan rilisnya MIUI 9 yang baru saja dirilis walaupun masih untuk ROM Beta namun setidaknya mengakhiri penantian panjang kita sealma ini, maka dari itu dalam postingan kali ini saya akan memberikan cara atau tutorial mudah untuk flashing Xiaomi Redmi 3 menggunakan PC/Laptop Windows 32bit dan 64bit untuk yang mau update dari ROM Distributor ataupun yang ingin update ke MIUI 9 versi global ataupun china versi terbaru!

Biasanya jika menggunakan Windows 32 bit sering terjadi gagal Flash di tengah proses Flashing, atau tidak mau flashing sama sekali, di post kali ini saya akan memberikan solusinya! Pertama-tama kalian harus mendownload ROM/File MIUI (yang akan saya terus update) dan bahan-bahan lainnya terlebih dahulu dibawah ini :

  • ROM Xiaomi Redmi 3
Pilih salah satu yang sesuai selera anda, Global atau China. Perbedaannya adalah jika versi Global adalah untuk ROM MIUI yang ditujukan untuk yang tinggal di luar China (dilengkapi Aplikasi Google bawaan), Tentunya jika ROM China untuk yang tinggal didalam China (tidak dilengkapi aplikasi Google bawaan, harus instal manual dengan melihat tutorial link bewarna biru disamping INI). Sementara versi Stable adalah versi yang sudah stabil (sangat disarankan) dan versi beta masih dalam tahap pengembangan tapi belum terlalu stable. Namun versi Beta ini lebih baru daripada versi Stable walaupun nomor versinya terlihat leboh kecil daripada versi stable. Lalu pastikan format file harus bertipe .tgz & Jika masih bertipe .tar maka rename menjadi .tgz. Setelah pasti format file adalah .tgz maka bisa kalian ekstrak menggunakan software WinRAR.
Tipe MIUI Versi MIUI Terakhir Link Download
MIUI 8 Global Stable 8.5.2.0 Download
MIUI 9 Global BETA 7.10.19 Download
MIUI 8 China Stable 8.5.2.0 Download
MIUI 9 China BETA 7.10.19 Download
Perbedaan MIUI Global ROM & MIUI China ROM

  • MIUI Global Harus di FIX 4G nya agar muncul (Lihat Tutorial INI). MIUI China tidak membutuhkannya
  • MIUI Global sudah terpasang aplikasi Google secara langsung. MIUI China tidak memiliki aplikasi Google Apps namun bisa dipasang secara manual (Lihat Tutorial INI)
  • Aplikasi MIUI Global lebih ringkas daripada MIUI China yang juga biasanya lebih banyak Iklannya tapi tidak menganggu (bisa dinonaktifkan)
  • Namun fiturnya biasanya lebih lengkap MIUI China daripada MIUI Global
  • Pilihan Tema biasanya lebih banyak MIUI China daripada MIUI Global
  • MIUI Global memiliki pilihan Bahasa Indonesia dan lebih banyak pilihan bahasa lainnya, sementara MIUI China hanya memiliki Pilihan Bahasa China dan Bahasa Inggris



  • MiFLASH + Driver Xiaomi Redmi 3 (32bit & 64bit)
MiFlash adalah Software untuk ngeflash Redmi 3 + Driver Redmi 3 (32bit+64bit) agar Xiaomi Redmi 3 Kamu Terdeteksi Di PC/ Laptop Kamu. Untuk Driver Pilih salah satu sesuai spesifikasi komputer/laptop kamu (32bit/64bit). Silahkan Download Bahan tersebut DISINI



Lalu setelah kamu mendownload kedua bahan diatas (ROM dan Miflash+Driver), maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut secara teliti :

1. Pertama-kali Untuk Windows 7,8,8.1 dan Windows 10 jangan lupa untuk Disable Driver Signature Enforcement yang caranya bisa kalian lihat DISINI . Jika kalian sudah yakin di disable maka lanjut ke langkah selanjutnya. Jika lupa mendisable biasanya saat mau flashing akan gagal karena driver tidak terinstall secara baik.

2. Ekstrak MiFlash+Driver menggunakan Aplikasi WinRAR, lalu pertama-tama Install MiFlashnya, lalu install drivernya (Pilih salah satu 32bit/64bit sesuai spesifikasi PC/Laptop kamu). Setelah menginstall kedua software tersebut silahkan restart PC/Laptop Anda.

3. Setelah komputer menyala kembali, sekarang silahkan ekstrak ROM (.tgz) yang telah anda download tadi ke sebuah folder (Pastikan berkestensi .tgz bukan .tar seperti dalam gambar dibawah, jika masih .tar tinggal rename menjadi .tgz)


flashing-redmi3-32bit-64bit


4. Saya merekomendasikan untuk mengekstrak ke directory D:\NamaFolder . Nama Folder bisa Anda ganti sesuai hati (Untuk 32bit). Kalau untuk 64bit bebas mau diekstrak dimana saja.

5. Sekarang buka software MiFlashnya, Software ini biasanya tidak memiliki shortcut di dekstop jadi anda perlu membukanya manual di folder ini C: \Program Files\Xiaomi\ MiPhone (alamat default folder install MiFlash, bisa berubah jika pada waktu anda menginstallnya anda taruh kemana).

6. Lalu sekarang buka MiFlash nya sebanyak 4 kali dan dalam mode Run As Administrator. Setelah itu pilih program yang anda buka keempat, atau yang terakhir. Biarkan 3 program sebelumnya tetap berjalan (jangan di tutup). (Cara ini khusus untuk 32bit saja & untuk 64bit kalian hanya perlu membuka progamnya secara Run As Administrator sebanyak 1 kali saja).

7. Setelah Program MiFlash berjalan, sekarang matikan Xiaomi Redmi 3 Anda sampai anda yakin jika handphonenya sudah mati, maka sekarang tekan dan tahan tombol Vol Up (+) dan Tombol Power secara bersamaan sampai muncul beberapa menu seperti gambar dibawah ini.
flashing-redmi3-32bit-64bit

8. Ketika layar sudah menyala, terdapat menu-menu yang kebanyakan berisi dan Bertuliskan Bahasa China, tapi salah satunya ada menu Bernama Download. Pilih menu tersebut dan Xiaomi Redmi 3 anda akan dalam keadaan layar hitam saja (memang begitu) , lalu sambungkan ke PC/Laptop anda menggunakan kabel USB Bawaan.


9. Kembali ke Software MiFlash, klik Refresh di Aplikasi MiFlash anda . Pastikan di MiFlash anda dapat mendeteksi Xiaomi Redmi 3 anda yaitu munculnya tulisan COM10, COM1, dll . Yang penting ada tulisan COM nya , kalau maasalah angka biasanya beda-beda. Jika belum terdeteksi jangan lanjutkan langkah ini, dan periksa lagi apa anda sudah melakukan pengistalan driver dengan benar sepeeti langkah-langkah sebelumnya.

10. Setelah Xiaomi Redmi 3 anda terdeteksi, lalu klik Flash di bagian atas, dan pastikan juga di bagian bawah softwarenya memilih atau anda memilih pilihan yang bertuliskan "All Except Flash Storage".
flashing-redmi3-32bit-64bit

11. Tunggu sampai proses instalasi selesai, kira-kira 5 sampai 15 menitan (tergantung spesifikasi komputer/laptop kamu).
flashing-redmi3-32bit-64bit

12. Jika sudah muncul The Operation Completed Succesfully seperti gambar dibawah maka dipastikan proses flashing anda telah Selesai! ^^
flashing-redmi3-32bit-64bit


13. Sekarang tinggal cabut kabel USB dari PC/Laptop anda dan tekan dan tahan tombol Power anda hingga Xiaomi Redmi 3 anda restart/reboot dan tunggu beberapa menit (agak lama) sampai Xiaomi Redmi 3 anda menunjukkan Tampilan Awal / Logo Selamat Datang MIUI 8. :) *Sabar MIUI 9 belum rilis untuk Redmi 3 ditunggu aja :p

14. Jika dalam proses Flash masih mengalami kegagalan terutama bagi yang menggunakan Windows 32bit, Mohon gunakan pada Laptop/Komputer yang masih memiliki sisa Hardisk yang banyak, Jika Masih belum bisa silahkan memakai Laptop/Komputer yang memakai Microsoft Windows 64bit. Dijamin langsung bisa. :)


Semoga Beruntung dan Sukses Teman-Teman!
Sudah saya tes di :
  • Windows 8.1 Pro x32 / 32bit
  • Windows 10 RS1 (Anniversary) x64 /  64bit
  • Windows 10 RS2 (Creators Update) x64 / 64bit
*Thanks to : De Alf (Untuk Driver)

Comments

  1. knpa ya pas di flash proses cuma ajlan sebentr udh tu berhenti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mengikuti step diatas dengan benar seharusnya lancar gan :)

      Delete
  2. gan, ane write file position nya kok lama banget sampe 1000s

    ReplyDelete
  3. File yang di flash pilih yang mana nih bang? Kok tiba2 flash aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Masuk Advanced Options Windows 10

Halo teman-teman! Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara masuk menu Advanced Startup pada Windows 10 yang memiliki banyak fungsi, seperti System Restore, Commad Prompt, dan Startup Settings! Misal saja pada startup settings kita bisa menonaktifkan Driver Signature Enforcement yang bisa bermanfaat semisal kita ingin menginstall driver-driver yang tidak bisa diverifikasi seperti saat Flash Xiaomi Redmi 3, atau Custom Driver Lainnya. Langsung saja berikut adalah langkah-langkah masuk menu Advanced Options pada Windows 10.