Skip to main content

Cara Memasang TWRP Recovery dan Root Xiaomi Redmi 3

twrp-root-redmi-3

Hai Lagi Mi Lovers! Saatnya saya melanjutkan bahasan mengenai Xiaomi Redmi 3 ini. Setelah sebelumnya sudah membahas tentang cara Flash menggunakan MiFlash dan Unlock Bootloader nya. Maka sekarang saya akan menunjukkan cara memasang TWRP sekaligus melakukan Root Handphone Xiaomi Redmi 3 kesayangan kita ini secara mudah. TWRP Recovery sangat berguna untuk memudahkan kita dalam menginstall Custom ROM Seperti Custom ROM Mokee,Tweaks, Modding dan lain-lain . Sebelumnya pastikan bahwa Device Xiaomi Redmi 3 kamu ini sudah Unlock Bootloader, jika belum silahkan lihat postingan saya tentang Unlock Bootloader di Xiaomi Redmi 3 ini . Jika sudah langsung saja berikut adalah cara-cara memasang TWRP Recovery ini.


1. Pertama-tama Download kedua bahan dibawah ini terlebih dahulu :
Nama File Link Download
TWRP Cofface Redmi 3 & Redmi 3 PRO Download
TWRP MOD 3.1.1 Redmi 3 IDO - 20170605 v8.3 by Rivv Download
2. Setelah mendownload kedua bahan diatas, pertama kali ekstrak TWRP Cofface 3.0 dulu ke komputer anda.

3. Lalu copykan TWRP MOD 3.1.1 Redmi 3 IDO - 20170605 v8.3 by Rivv ke SD Card Anda.

4. Sebelumnya pastikan kamu sudah menginstall Driver yang bisa kamu download di postingan Tutorial Flash Xiaomi Redmi 3 sebelumnya yang sudah pernah saya buat.

5. Jika sudah mengekstrak TWRP Cofface 3.0 maka jalankan file ini dan jika dibuka program tersebut maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
twrp-root-redmi-3

6. Jika program sudah terbuka maka sambungkan Handphone Xiaomi Redmi 3 kamu dalam Mode Fastboot (Matikan HP -> Lalu setelah mati tekan dan tahan Tombol Vol Down (-) dan Tombol Power secara bersamaan)

7. Setelah Masuk Mode Fastboot maka Sambungkan HP ke Laptop/PC kamu

8. Kembali ke program yang sudah dijalankan tadi, klik tombol Enter pada program tersebut terus menerus sampai program keluar sendiri

9. Otomatis TWRP Recovery akan terinstall di Handphone Xiaomi Redmi 3 kamu dan Handphone otomatis akan Reboot Ke TWRP Recovery

10. Setelah masuk TWRP Recovery Ganti bahasanya menjadi Bahasa Inggris dulu agar memudahkan dalam menggunakannya dengan cara menekan botol sebelah kanan diatas swipe to modification
twrp-root-redmi-3

11. Lalu baru kamu geser ke kanan swipe to modification dan masuk Ke menu utama TWRP

12. Pilih Menu Install dan cari file TWRP MOD 3.1.1 Redmi 3 IDO - 20170605 v8.3 by Rivv yang kamu sudah copykan ke SD Card tadi
twrp-root-redmi-3

13. Install file bertipe .zip tersebut


14. Handphone akan restart sendiri dan masuk ke TWRP Recovery yang baru.
twrp-root-redmi-3

15. Lalu klik Reboot dan pilih System, saat ada tulisan apakah mau di root, maka pilih ya/ yes untuk menginstall Root.
twrp-root-redmi-3twrp-root-redmi-3

16. SuperSU yang belum aktif sepenuhnya akan muncul di Halaman Aplikasi kamu
twrp-root-redmi-3

17. Untuk mengaktifkan fungsi root maka kamu harus mengupdate SuperSU di Playstore dan buka SuperSU dan klik update binary dan klik normal dan tunggu hingga selesai. Jika gagal dalam mode update Normal, maka pilih yang TWRP dan handphone kamu akan otomatis Restart ke TWRP dan menginstall Update secara sendiri dan Handphone kamu akan Restart lagi dan masuk kembali ke MIUI.

18. Selamat! Xiaomi Redmi 3 anda kini sudah terpasang TWRP Recovery dan Sudah Rooted! ^^

19. Untuk masuk ke TWRP, tinggal mudah saja yaitu matikan Xiaomi Redmi 3 kamu dan Tekan Tombol Volume Up (+) dan Tombol Power secara bersamaan hingga akan muncul beberapa menu dan pilih "Recovery". Otomatis Xiaomi Redmi 3 kamu akan restart dan Masuk ke TWRP Recovery yang menggantikan Stock Recovery milik Xiaomi.

Semoga Beruntung!
Sudah dicoba pada :
  • Xiaomi Redmi 3 MIUI8 China Stable 8.5.2.0

*Thanks for Rivvai untuk TWRP MOD 3.1.1 v8.3

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Install Postgre SQL di Windows

Halo! Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstall software Postgre SQL di Windows! Postgre SQL adalah salah satu basis data yang terkenal dan paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle, karena kelebihan dan banyaknya fitur yang dimiliki oleh software ini maka pastinya bagi kamu yang suka dengan hal-hal komputer, atau sedang belajar dan membutuhkan software ini terlebih dahulu kamu harus menegerti cara menginstall Postgre SQL ini yang mudah dan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Memainkan Segala Video menjadi 60 FPS dengan SmoothVideo Project (SVP)

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah kualitas video hanya ditentukan oleh ukuran resolusinya? Tentu saja tidak. Video ini juga didefinisikan oleh FPS yang berarti singkatan dari Frame Per Second. Biasanya, video rata-rata yang baru kita download memiliki FPS rendah (24 FPS). Bisakah kita meningkatkan jumlah FPS-nya tanpa mendownloadnya kembali? Mungkin Anda perlu mendownload software yang satu ini. Perangkat lunak ini disebut SVP (SmoothVideo Project) dan tentunya software ini gratis dan bisa membuat fps video anda sampai 60 FPS atau bahkan 120 FPS!

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 3

Halo Lagi Mi Lovers! Dalam kesempatan ini saya membahas tentang cara unlcok bootloader di Xiaomi Redmi 3, Dimana sebelumnya saya sudah memberikan Tutorial Flashing MIUI di Redmi 3 dengan menggunakan MiFlash. Setelah melakukan flash tersebut pasti biasanya akan melakukan hal unlock bootloader agar dapat menginstall Custom ROM, Tweaks, dan Root yang tentunya bisa dilakukan lewat TWRP Recovery yang hanya bisa dipasang jika sudah melakukan hal Unlock Bootloader ini terlebih dahulu. Untuk melakukan Unlock Bootloader pada Xiaomi Redmi 3 tersebut berikut adalah langkah-langkahnya.